Blog, Sebuah Media ‘Make Money Online’

Menjadi blogger, bagaimanapun juga, membutuhkan sebagian dari waktu anda. Suatu hal yang membuat
blog anda bermanfaat bagi orang lain adalah anda perlu melakukan riset untuk mengumpulkan informasi tentang subject anda dan menyimpulkannya, sehingga para pembaca blog anda dapat menghemat waktu mereka. Untuk menjaga pengunjung blog anda selalu datang, anda harus sering-sering meng-update posting anda. Untuk memperoleh informasi terbaru, anda dapat mengunjungi situs, atau juga blog yang lain, yang menampilkan informasi seputar subject anda.
Banyak orang bilang, menulis sebuah buku sebenarnya hanya masalah membaca beberapa buku dan artikel, lalu merangkum informasi yang diperoleh, dan kemudian menyajikannya dalam perspektif yang baru.
Begitu pula dengan blogging.
Tidak banyak orang punya cukup waktu untuk membaca semua informasi yang ada di internet atau media lainnya. Orang akan lebih suka memilih sedikit sumber informasi, namun mempunyai perspektif yang cocok dengannya. Visitor akan tertarik dengan blog anda, jika ternyata blog anda menyajikan informasi dalam selera perspektif mereka. Waktu yang telah anda luangkan untuk mencari dan menyimpulkan informasi akan membantu visitor anda menghemat waktu mereka. Pada saat inilah anda memberikan service berupa penghematan waktu dan energi visitor anda.
Nah, karena pengunjung merasakan manfaat pada blog anda, kepercayaan kepada anda akan bertambah. Dan jika anda mampu membuktikan bahwa kepercayaan mereka kepada anda itu layak, maka akan tercipta relationship. Inilah faktor penting untuk ‘make money online‘. Semakin pengunjung anda percaya dengan tulisan-tulisan di blog anda, semakin besar mereka percaya akan rekomendasi anda terhadap sebuah peluang, produk atau jasa.
Tips jika anda mengikuti sebuah program afiliasi
1. Cobalah memasukkan link afiliasi ke dalam teks postingan anda. Tidak masalah jika anda ingin menempatkan banner atau button di pinggiran blog. Namun, link berupa teks yang kontekstual dengan informasi di tulisan anda akan menghasilkan lebih baik. Jika pengunjung tertarik dengan tulisan di blog anda, ketertarikan tadi akan mengalir ke link afiliasi anda.
2. Jangan memaksakan link afiliasi ke dalam konteks. Kesempatan justru muncul ketika anda menempatkan link secara natural ke dalam aliran konten. Tunggulah kesempatan ini. Memaksakan link dengan cara yang janggal dan tidak konstektual akan membuat blog anda kehilangan kredibilitas karena kebanyakan affiliate link di sana-sini, atau content anda menjadi aneh karena teks-teks yang mengalir tidak natural.
Harus diingat, bahwa sebagian netter tidak setuju jika blog berisi link dan content komersial. It’s OK. Hanya, pendapat ini seolah-olah menutup mata bahwa blogger bagaimanapun juga sudah mengeluarkan waktu dan tenaga, dan tentu saja uang mereka!! So, adalah sangat penting untuk menjaga informasi anda tetap objektif, bukan hanya sekedar omong kosong komersil yang berlebih-lebihan, supaya blog anda tetap trustworthy. Jika blog anda sudah layak dipercaya, para netter juga tidak bakal bermasalah terhadap link-link afiliasi yang ditempatkan dengan benar dan mengalir alami pada content di blog anda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Blog, Sebuah Media ‘Make Money Online’"

Post a Comment